Millennials, Baby Boomers dan Generasi X di Tempat Kerja Saat Ini

04 Mei 2018. by Admin


Perkembangan generasi Millennials di Indonesia

Tempat kerja saat ini adalah multi-generasi yang terdiri dari Baby Boomers, Generasi X dan Millennials sebagai generasi utama di Indonesia. Di antara karyawan tertua dan termuda di beberapa organisasi, Baby Boomers mencapai usia pensiun, Gen Xers menjadi pemimpin menggantikan Baby Boomers, dan pada saat yang sama, generasi Millennials mulai meniti karir mereka dan menjadi tenaga kerja utama di tempat kerja.

Dalam hal gaya kerja, setiap generasi berbeda dan memiliki harapan, kebutuhan, dan nilai-nilai yang berbeda juga. Untuk membangun sinergi yang hebat di antara generasi-generasi ini, Anda perlu mengenali dan memahami perbedaan mereka, ini dapat menciptakan beragam usia dan juga tim yang produktif di tempat kerja Anda. Dengan memahami kekuatan, keterbatasan, dan nilai dari setiap generasi, hal tersebut akan menghindari konflik organisasi, pergantian karyawan, dan hilangnya produktivitas yang terjadi ketika para profesional bisnis tidak menyadari perbedaan dari tiga generasi di tempat kerja.

Berikut beberapa bantuan bagi Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang generasi utama di tempat kerja.

Baby Boomer

Lahir pada akhir tahun 40-an hingga awal 60-an, Baby Boomers sebagai generasi tertua di tempat kerja mencapai 28.795.610 tenaga kerja di Indonesia, yang merupakan jumlah generasi terkecil antara generasi lain. Di tempat kerja, Baby Boomers sangat pekerja keras dan menghargai kesetiaan dan etika kerja yang positif. Mereka dapat termotivasi melalui tingkat tanggung jawab, tunjangan, pujian, dan tantangan yang tinggi. Karena mereka adalah generasi tertua di tempat kerja, baby boomers merupakan generasi yang paling tidak memahami teknologi, karena mereka cenderung kurang untuk menyambut perubahan dan mengikuti perkembangan.


Generasi X

Lahir di akhir tahun 60-an hingga awal 80-an, tenaga kerja Generasi X mencapai 69.003.270 yang merupakan jumlah generasi terbesar di tempat kerja. Generasi X, di sisi lain, lebih memilih organisasi yang stabil, memberikan pengaturan kerja yang fleksibel, dan mempromosikan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan sosial yang memungkinkan karyawan mereka menikmati kehidupan saat mereka masih muda. Gen Xers juga dapat dimotivasi oleh pengakuan dari bos dan bonus.


Millennials

Lahir pada akhir tahun 80-an hingga awal 90-an, Generasi Millennials sebagai generasi termuda mencapai 62.570.920 di tempat kerja. Generasi Milenium mencari pekerjaan yang produktif dan bermakna. Mereka suka bekerja pada tempat yang memiliki teknologi yang inovatif yang mendukung mereka dalam kegiatan “sharing”. Perusahaan yang menawarkan karyawannya peluang untuk menerima pendidikan berkelanjutan dan membuat jadwal yang fleksibel sangat menarik generasi ini. Generasi Y ini tidak mencari masa kerja panjang di tempat kerja, tetapi ingin posisi yang berarti yang akan memberikan pengalaman yang baik ke tahap berikutnya dalam karir mereka.

Share this article :